7 Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan dalam Menerapkan Metode Pembelajaran Bahasa Arab
Ada banyak faktor yang mempengaruhi metode pengajaran bahasa asing. Dan bagi guru banyak manfaat dengan mengetahui faktor-faktor ini. Karena faktor-faktor ini membantu dalam desain dan evaluasi metode. Faktor –faktor tersebut adalah sebagai berikut :
- pelatihan guru : guru yang tidak mengikuti proses pelatihan, akan merasa kesulitan ketika menemui metode yang baru maupun penerapannya
- hambatan guru : ketika terdapat sisa waktu atau yang lainnya dari jadwal pelajaran, lebih baik guru menggunakan metode yang yang tidak memerlukan usaha keras, juga yang sedikit kegiatannya hal itu untuk menghindari hilangnya waktu istirahat.
- Motivasi guru : guru kurang merasa antusiasme dalam mengajar karena beberapa alasan, kemampuan dalam mengajar yang menurun, juga mungkin karena berkurangnya keinginan guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang baru.
- Kebiasaan guru : jika biasanya guru menggunakan metode tertentu dalam jangka panjang, maka guru akan merasa kesulitan ketika akan menggunakan metode yang baru, oleh karena itu terus perbarui metode-metode yang di pakai agar tidak menjadi ancaman bagi guru tersebut untuk melakukan hal yang baru
- Kepribadian guru : sebagian para guru ada yang merasa kesulitan menerapkan suatu metode pembelajaran ada pula yang tidak, maka guru harus segera menemukan metode yang sesuai dengan dirinya melebihi orang lain, juga ketika ada metode yang tidak sesuai dengan dirinya
- Cara pengajaran guru : biasakan guru menggunakan metode pembelajaran dengan bahasa asing seperti kata kerja yang di ucapkan guru pada muritnya contoh (تعلموا كما تعلمت)
- Kecenderungan siswa: ketika siswa bersemangat dalam belajar bahasa tersebut, guru sebaiknya lebih mampu memverifikasi metode mengajar untuk mendukung mereka, terkadang siswa merasa terpaksa dalam belajar bahasa sehingga mereka merasa di tempat yang paling sulit dan menakutkan
- Kecerdasan siswa : penelitian di sana menunjukkan bahwa adanya korelasi antara tingkat kecerdasan siswa dan pembelajaran bahasa asing. Oleh karena itu hal itu mengarah pada asumsi bahwa metode belajar siswa yang cerdas berbeda dengan yang tidak seberapa cerdas baik sedikit maupun banyak .
- Umur siswa : umur siswa itu mempengaruhi metode pembelajaran, metode yang disukai anak-anak terkadang tidak disukai oleh kalangan remaja, Dan juga sebaliknya. Anak-anak lebih memilih jika menggunakan metode mengikuti dan pengulangan. Sedangkan anak remaja dan dewasa lebih memilih untuk menambahkan beberapa interpretasi berfikir dalam mengungkapkan kebahasaan dan template gramatikal
- Pandangan siswa : berikanlah siswa program pembelajaran bahasa asing dan beritahukan harapan atau tujuan dari cara-cara yang akan dilakukan. Dan jangan ragu untuk memberi tingkatan pandangan mereka terhadap metode belajar siswa. Hubungan antara bahasa ibu dan bahasa asing.perbedaan dua bahasa itu yaitu bahasa bawaan dan bahasa yang di inginkan, pada kenyataannya banyak masalah dalam pembelajaran bahasa asing karena berbagai perbedaan antara kedua bahasa tersebut. guru dapat memperhatikan pada hal-hal dasar pada kedua perbedaan yaitu siswa mengetahui keserupaan seperti kosa kata ataupun rumus penulisan
- Durasi program : ketika kurikulum pembelajaran bahasa asing sedikit waktunya maka
- Fasilitas : terdapat perbedaan antara kurikulum pembelajaran bahasa asing yang tersedia di dalam kaset, film, gambar dan laboratorium. Yang dalam kurikulum lain belum tentu ada. Itu sangat berpengaruh terhadap berbagai metode yang mungkin akan di gunakan
- Tujuan : bahwa tujuan dari kurikulum pembelajaran berpengaruh terhadap metode ajar yang digunakan. Ketika kurikulum yang di tuju adalah pembelajarn menulis, membaca atau berbicara ataupun menterjemahkan bahasa asing maka metode yang digunakan haruslah sesuai antara target dan tujuan yang di inginkan.
- Tes : guru dan murid Guru dan siswa cenderung memperhatikan apa yang Anda peduli tentang tes, dan terutama akhir Umum tes.
- Ukuran kelas : metode pembelajaran yang berhasil adalah yang berukuran kecil bukanlah pada ukuran kelas yang besar. Disana metode guru akan terpaksa di gunakan pada kelas yang besar dan terpaksa menjadikan kelas kecil seperti untuk melalukan pengulangn pada kelompok dan pengulangan pada individu.
Kesimpulan bacaan di atas adalah bahwa beberapa faktor mempengaruhi metode ajar bahasa asing. Dan guru haruslah menyadari akan faktor- faktor tersebut, menyiapkannya, mampu mengubah gayanya sesuai dengan situasi pendidikan di mana ia berada, dan itu akan sulit jika guru menggunakan metode yang sama dalam semua kasus, keadaan dan tujuan
faktor-faktor ini penting dalam perancangan metode dan objeknya. Karena mereka harus membawa pribadi mereka ketika menunjuk desain atau evaluasi, karena kondisi proses tertentu dapat membuat metode ini berlaku.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.