2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik
www.azid45.web.id - 2 Pendekatan Penting dalam Manajemen Peserta Didik. Ada dua pendekatan yang digunakan dalam manajemen peserta didik yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif, yaitu sebagai berikut:
Pertama, Pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada segi administratif dan birokkratik lembaga pendidikan, dimana peserta didik diharapkan memenuhi segala tuntutan dan harapan lembaga pendidikan dengan asumsi bahwa apabila peserta didik memenuhi segala aturan, tugas harapan yang diinginkan oleh lembaga pendidikan maka akan menjadikan peserta didik yang berjiwa matang dan tercapai segala harapannya.
Kedua, Pendekatan kualitatif yaitu pendekatan yang menitikberatkan pada kesejahteraan peserta didik, dengan asumsi bahwa jika peserta didik senang dan sejahtera, maka mereka dapat belajar dengan baik dan merasa senang untuk mengembangkan diri di sekolah. Pendekatan ini menekankan pada perlunya lingkungan yang kondusif dan menyenangkan bagi pengembangan diri secara optimal.[1]
Kedua pendekatan tersebur memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, akan tetapi kita dapat menyatukan kedua pendekatan tersebut sehingga memunculkan pendekatan baru yang berpijak pada perlunya disediakan lingkungan yang kondusif sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tetapi perlu tetap dipegang kendali kedisiplinan yang tinggi dengan memperhitungkan kehadiran, tugas dan pemenuhan aturan sekolah yang berlaku, hal itu agar proses pembelajaran berjalan dengan tertib, disamping menekankan bahwa untuk menjadi masyarakat yang terdepan diperlukan kedisiplinan.
[1] Elia, Manajemen Peserta Didik diakses dari www.idarah20PBA/makalah-manajemen-peserta-didik_10.html pada tanggal 5 Oktober 2013
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.