3 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Menyusun Angket dan Langkah-Langkahnya
Sumber: www.gurupendidikan.co.id |
Adapun
kuesioner dapat ditinjau dari beberapa segi, diantaranya adalah :
a.
Ditinjau
dari segi siapa yang menjawab, maka ada :
1)
Kuesioner
langsung
Kuesioner
dikatakan langsung jika kuesioner tersebut dikirimkan dan diisi langsung oleh
orang yang akan dimintai jawaban tentang dirinya.
2)
Kuesioner
tidak lansung
Kuesioner tidak langsung merupakan kuesioner yang dikirim dan diisi
oleh bukan orang yang diminta keterangannya. Kuesioner tidak langsung biasanya
digunakan untuk mencari informasi tentang bawahan, anak, saudara, tetangga dan
sebagainya.
b.
Ditinjau
dari segi cara menjawabnya maka dibedakan atas :
3)
Kuesioner
tertutup
Kuesioner
tertutup adalah kuesioner yang disusun dengan menyediakan pilihan jawaban
lengkap sehingga pengisi hanya tinggal memberi tanda pada jawaban yang dipilih.
4)
Kuesioner
terbuka
Kuesioner
terbuka merupakan kuesioner yang disusun sedemikian rupa sehingga para pengisi
bebas mengemukakan pendapatnya.
a.
Tujuan
pengembangan angket :[2]
1)
Mengumpulkan
informasi sebanyak mungkin tentang suatu pembelajaran.
2)
Membimbing
siswa untuk belajar efektif sampai tingkatan penguasaan tertentu.
3)
Mendorong
siswa untuk lebih kreatif dalam belajar.
4)
Membantu
anak yang lemah dalam belajar.
5)
Untuk
mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam suatu pembelajaran.
b.
Hal-hal
yang harus diperhatikan dalam menyusun angket :[3]
1)
Pertanyaan
hendaknya pendek dan jelas.
2)
Mengandung
satu jawaban.
3)
Pertanyaan
tidak boleh menyinggung perasaan peserta didik.
c.
Langkah-langkah
menyusun angket :
1)
Merumuskan
tujuan
2)
Merumuskan
kegiatan
3)
Menyusun
langkah-langkah
4)
Menyusun
kisi-kisi
5)
Menyusun
panduan angket
6)
Menyusun
alat penilaian
Contoh Angket:
1.
Bentuk pilihan
ganda :
Saya lebih suka berinfaq atau
bershadaqah dalam situasi:
a.
Ada orang yang mencatat
dan mengumumkannya
b.
Banyak orang
yang menyaksikannya, agar saya tidak disebut sebagai orang yang bakhil
c.
Ada atau tidak
ada orang yang mengetahui, bagi saya sama saja
d.
Tidak ada yang
mengetahui sama sekali
2.
Skala likert:[4]
Membayar
infaq atau shadaqah memang baik untuk dikerjakan, akan tetapi sebenarnya bagi
orang yang telah membayarkan zakatnya tidak perlu lagi untuk membayar infaq
atau shadaqah. terhadap pertanyaan tersebut saya:
a.
sangat setuju
b.
setuju
c.
ragu-ragu
d.
tidak setuju
e.
sangat tidak
setuju
[1] Suharsimi
Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2003),
hlm, 28.
[2] P4mriunismuh,
Intrument
Non Tes-1, http:// wordpress.com/2013/10/0, html.
[3] Junaidi, M.
Baihaqi, Evaluasi Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah (MI), (LPTK IAIN
SUNAN AMPEL, FAKULTAS TARBIYAH), hlm: 102.
[4] Ibid, hlm. 102
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.