4 Faktor Yang Mempengeruhi Kemampuan Membaca Bahasa Arab
Menurut Lamb Amold ada empat factor yang mempengaruhi
membaca yaitu:
a)
factor fisiologis, yang termasuk factor fisiologis adalah
kesehatan fisik (misalnya alat bicara, alat pendengaran, dan alat penglihatan),
pertimbangan neurologis (misalnya berbagai cacat otak), dan jenis kelamin.
b)
Factor intelektual. Secara umum intelegensi peserta didik
tidak sepenuhnya mempengaruhi berhasil atau tidaknya peserta didik dalam
membaca. Pendipat ini sesuai dengan penelitian Ehansky yang dikutip oleh Harris
dan Sipay yaitu bahwa secara umum ada hubungan positif antara kecerdasan yang
diindikasikan oleh IQ dengan rata-rata peningkatan remedial membaca.
c)
Factor lingkungan. Factor lingkungan mencakup: a) latar
belakang dan pengalaman peserta didik dirumah, dan b) social ekonomi keluarga
peserta didik. Rumah sebagai tempat bernaung setiap hari mempengaruhi pribadi
dan penyesuaian dari peserta didik dalam masyarakat.
d)
Fakor psikologis. Dari sisi psikologis, factor yang
mempengaruhi kemampuan membaca mencakup: a) motivasi, b) minat, c) kematangan
social, emosi, dan penyesuaian diri. Motivasi adalah factor kunci dalam belajar
membaca, dan kuncinya adalah guru harus mendemonstrasikan kepada peserta didik
praktik pengajaran yang relevan dengan minat dan pengalaman anak sehingga anak
memahami belajar itu sebagai suatu kebutuhan.[1]
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.