5 Hal Yang Harus Diperhatikan dalam Penyusunan Skala Penilaian
Skala penilaian mengukur penampilan atau perilaku orang lain oleh seseorang melalui pernyataan perilaku individu pada suatu kategori yang bermakna nilai. Titik atau ketagori diberi nilai rentangan mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah. Rentangan nilai bisa dalam bentuk huruf (A, B, C, D), angka (4, 3, 2, 1), sedangkan rentangan kategori bisa tinggi, sedang, rendah, atau baik, sedang, kurang. Hal yang penting diperhatikan dalam skala penilaian adalah criteria skala nilai, yakni penjelasan operasional untuk setiap alternatif jawaban (A, B, C, D). Adanya kriteria yang jelas untuk setiap alternative jawaban akan mempermudah pemberian penilaian dan terhindar dari subjektivitas penilai. Tugas penilai hanya memberi tanda cek (V) dalam kolom rentangan nilai.
Skala nilai diatas bisa juga menggunakan kategori baik, sedang, dan kurang atau dengan angka 4, 3, 2, 1 bergantung pada keinginan penilai. Skala penilaian dapat menghasilkan data interval dalam bentuk skor nilai melalui jumlah skor yang diperoleh dari instrument. Dalam skala kategori, penilai bisa membuat rentangan yang lebih rinci misalnya baik sekali, baik, sedang, kurang, dan kurang sekali. Skala penilaian lebih tepat digunakan untuk mengukur suatu proses, misalnya proses mengajar pada guru, proses belajar pada siswa, atau hasil belajar dalam bentuk perilaku seperti keterampilan, hubungan sosial, dan cara memecahkan masalah. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan skala penilaian adalah sebagai berikut:[1]
1. Tentukan tujuan yang akan dicapai dari skala penilaian sehingga jelas apa yang harus dinilai.
2. Berdasaarkan tujuan tersebut, tentukan aspek atau variabel yang akan diungkap melalui instumen ini.
3. Tetapkan bentuk rentangan nilai yang akan digunakan.
4. Buatlah item-item pernyataan yang akan dinilai.
5. Ada baiknya menetapkan pedoman mengolah dan menafsirkan hasil yang diperolah dari penilaian.
Skala penilaian dalam pelaksanaannya dapat dilakukan oleh dua orang penilai lebih dalam menilai subjek yang sama.
Contoh Skala Nilai:
Penampilan Guru Mengajar
Nama guru: …………………… Bidang studi yang diajarkan: ………………………
No
|
Pernyataan
|
Skala nilai
| |||
A
|
B
|
C
|
D
| ||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Penguasaan bahan pelajaran
Hubungan dengan siswa
Bahasa yang digunakan
Pemakaian metode dan alat bantu mengajar
Jawaban terhadap pertanyaan siswa
|
Keterangan:
A: baik sekali C: cukup
B: Baik D: kurang
[1] Mirarami, Pembuatan dan Pengolahan Intrumen Evaluasi Bentuk Non-Tes, http://wordpress.com /2013/10/04.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.