5 Langkah dalam Penyusunan Wawancara
Sumber: www.majalahpendidikan.com |
Sescara garis besar, teknik non-tes dapat diklasifikasikan menjadi 4 salah satunya adalah wawancara. Wawancara
(interview) adalah suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban
dari responden dengan jalan Tanya jawab sepihak. Dikatakan sepihak karena dalam
wawancara ini responden tidak diberi kesempatan sama sekali untuk mengajukan
pertanyaan. Pertanyaan hanya diajukan oleh subjek evaluasi.
Wawancara
dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :[1]
1)
Interview
bebas, dimana responden mempunyai kebebasan untuk mengutarakan pendapatnya,
tanpa dibatasi oleh patokan-patokan yang telah dibuat oleh subjek evaluasi.
2)
Interview
terpimpin, yaitu intervi yang dilakukan oleh subjek dengan cara mengajukan
pertanyaan yang sudah disusun terlebih dahulu. Jadi dalam hal ini responden
pada waktu menjawab pertanyaan tinggal memilih jawaban yang sudah dipersiapkan
oleh penanya.
a.
Tujuan
wawancara adalah sebagai berikut :[2]
1)
Untuk
memperoleh informasi secara langsung guna menjelaskan suatu hal atau situasi
dan kondisi tertentu.
2)
Untuk
melengkapi suatu penyelidikan ilmiah.
3)
Untuk
memperoleh data agar dapat memengaruhi situasi atau orang tertentu.
b.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam wawancara :[3]
1)
Pendidik
yang akan melakukan wawancara harus mempunyai back ground tentang apa yang akan
ditanyakan.
2)
Menjaga
hubungan yang baik, rahasia dari peserta didik harus dijaga dengan baik.
3)
Hindari
hal-hal yang dapat mengganggu jalannya wawancara.
4)
Batasi
waktu dalam wawancara.
5)
Mencatat
semua hasil dari wawancara.
c.
Langkah-langkah penyusunan wawancara :
1)
Perumusan
Tujuan
2)
Perumusan
kegiatan atau aspek-aspek yang dinilai
3)
Penyusunan
kisi-kisi
4)
Penyusunan
pedoman wawancara
5)
Lembaran
penilaian
Contoh Wawancara:
Tujuan : memperoleh informasi mengenai
cara belajar siswa
dirumah
Bentuk : bebas
Responden : siswa yang memperoleh prestasi yang
tinggi
Nama siswa :……………..
Kelas :……………..
Jenis kelamin :……………..
Bentuk
pertanyaannya sekaligus jawaban peserta didik dari hasil wawancara guru mampu
mengambil keputusan diantaranya :
1. kapan dan berapa lama anda belajar dirumah?
2. Bagaimana
anda mempersiapkan diri untuk balajar secara efektif?
3. Seandainya anda mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, usaha apa yang anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?
3. Seandainya anda mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, usaha apa yang anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?
[1] Yosipratiwi, Jenis-jenis
bentuk non-tes, http://blogspot.com/2013/10/04, html.
[2] Op cit, hlm : 158.
[3] Junaidi, M. Baihaqi, Evaluasi Pembelajaran
Madrasah Ibtidaiyah (MI), (LPTK IAIN SUNAN AMPEL, FAKULTAS TARBIYAH), hlm:
101.
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.