Inilah 4 Prinsip dalam Kemampuan Membaca Pelajaran Bahasa Arab
Diantara
prinsip-prinsip yang harus diperhatikan oleh guru dalam mengajarkan
keterampilan membaca antara lain:
a) belajar
membaca pada hakikatnya adalah proses belajar yang bersifat perorangan. Dalam
hal ini, setiap pengajar keterampilan membaca harus memahami adanya perbedaan
kondisi daya mental, perbendaharaan pengetahuan dan pengalaman, faktor
lingkungan dan budaya antara pembelajar satu dengan yang lainnya. Hal ini perlu
dipahami untuk menyikapi pembelajar yang mengalami kesulitan di dalam belajar
membaca.
b) Pengajaran
membaca yang baik adalah pengajaran membaca yang memanfaatkan dengan tepat
hasil diagnosis kesulitan belajar membaca pada pembelajaran dan hasil
pengkajian kebutuhannya dalam membaca. Kedua kegiatan ini kemudian dimanfaatkan
untuk merancang pengajaran membaca.
c) Belajar
membaca hanya mungkin berlangsung lancar dan berhasil baik, jika bahan
pelajaran yang disajikan sesuai dengan tingkat perkembangan pembelajaran dengan
mempertimbangkan perkembangan intelektual, emosional, sosial dan fisik
pembelajar.
d) Dalam
pengajaran membaca, tidak hanya satupun cara yang super sifatnya. Prinsip ini
menyarankan dikajinya berbagai macam metode pengajaran membaca untuk kemudian
memilih yang paling tepat dengan kondisi pembelajar yang dihadapi, di samping
memvariasikan metode, teknik dan prosedur, pengajaran membaca harus bersifat
eklektik. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari rasa bosan dan kejenuhan pada
pembelajar.[1]
[1] Gusti Ngorah Oka, Pengantar
Membaca dan Pengajarannya, ( Surabaya: Usaha Nasional, 1983), hal: 79
PERHATIAN:Jika anda ingin bertanya atau bantuan bisa kontak kami
contact atau 089677337414 - Terima kasih.
contact atau 089677337414 - Terima kasih.